Kamis, 26 Maret 2015

Bimbingan Tugas Akhir Ke - 1 [26/03/2015]


Nama : Miftahul Huda
NIM : 2131310072
Dosen Pembimbing I: Bp. Anung Yuniarto S, SE.
Judul TA :

 PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN
TENTANG SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA
MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS 5
PADA SDN 007 TANJUNG PALAS TIMUR,
KALIMANTAN UTARA 

Materi Bimbingan : Pengajuan Judul, Abstrak dan Bab I
Catatan : Revisi Abstrak, Judul dan Bab I


Berikut saya lampirkan koreksi pembimbing terhadap pengajuan abstrak dan Bab I saya :

ABSTRAK
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini terus membuka berbagai alternatif baru dengan berbagai penelitian yang dilakukan. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, inovasi baru dalam dunia pendidikan pun harus dimunculkan sebagai upaya untuk menunjang media pembelajaran yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat memperkuat pemahaman siswa pada materi yang disampaikan oleh guru. Demikian pula pada tingkat sekolah dasar (SD) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) selain Bahasa Indonesia dan Matematika. Mengingat pentingnya mata pelajaran tersebut karena ikut andil dalam menentukan kelulusan siswa, maka dibutuhkan sebuah alternatif baru untuk menunjang media pembelajaran agar pembelajaran lebih optimal. Walaupun saat ini telah ada berbagai media pembelajaran namun masih belum maksimal. Sehingga perlu dilakukan pengembangan guna menciptakan media pembelajaran  yang lebih efektif dan efisien. Metodologi yang digunakan yaitu analisa dan pengembangan yang terstruktur mulai dari menganalisa sistem berjalan melalui UML, melakukan  Observasi dan Elisitasi. Hasil akhir yang dicapai dari penulisan ini yaitu terbentuknya suatu aplikasi menggunakan Augmented Reality yang diharapkan dapat mengoptimalkan pembelajaran mata pelajaran IPA tentang Sistem Pernafasan pada Manusia untuk siswa kelas 5 Sekolah Dasar (SD).

Kata kunci :UML, Observasi, Elisitasi dan Augmented Reality.




BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini terus membuka berbagai alternatif baru dalam menunjang media pembelajaran. Media pembelajaran tersebut dapat berupa alat peraga konvensional dan peraga digital (berupa aplikasi). Dewasa ini, alat peraga digital memiliki efektifitas dan efesiensi yang lebih jika dibandingkan dengan alat peraga yang konvensional. Dengan inovasi seperti ini akan menjadi lebih berguna jika di implementasikan pada berbagai tingkat pendidikan misalnya pada tingkat sekolah dasar (SD). Karena pada tingkat ini sistem belajar siswa lebih banyak bergantung kepada pembelajaran guru di kelas.
Pada tingkat SD salah satu mata pelajaran yang pentingnya adalah pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN) selain Bahasa Indonesia dan Matematika. Pada mata pelajaran IPA kelas 5 SD, terdapat materi tentang sistem pernafasan pada manusia. Sistem pernapasan pada manusia merupakan salah satu materi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sistem pernafasan pada manusia  adalah sistem menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air. Saluran pernafasan pada manusia berpangkal pada hidung atau mulut dan berakhir pada paru-paru.
Untuk membuat sebuah alat peraga digital banyak jenis teknologi yang bisa digunakan misalnya teknologi flash dan Augmented Reality (AR). Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensilalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime). Salah satu kelebihan AR dibandingkan dengan flash adalah AR ditampilkan dalam bentuk tiga dimensi sedangkan flash ditampilkan dalam bentuk dua dimensi. Sehingga jika teknologi ini dimanfaatkan untuk simulasi/peraga akan lebih mudah dipahami.
Berdasarkan hal inilah penulis akan menganalisis tentang bagaimana merancang aplikasi sistem pernafasan pada manusia untuk kelas 5 SD menggunakan  Augmented Reality. Perancangan aplikasi ini bertujuan membantu kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA khususnya materi sistem pernafasan pada manusia. Selain itu juga bertujuan untuk menambah wawasan kita tentang pemanfaatan teknologi Augmented Reality dan dapat menerapkan kegunaanya sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik.
1.2. Rumusan Masalah
     Berdasarkan latar belakang masalah, maka masalah yang dikaji adalah sebagai berikut :
·      Apakah media pembelajaran yang digunakan saat ini telah maksimal dalam mendukung materi yang disampaikan oleh guru ?
·      Bagaimana merancang sebuah media pembelajaran yang lebih menarik dengan Augmented Reality ?
1.3. Ruang Lingkup
Berdasarkan rumusan masalah, maka penulis penulis membatasi ruang lingkup sebagai berikut :
·      Penelitian terfokus pada media pembelajaran IPA di SDN 007  Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.
·      Pembuatan Model 3D dan animasi organ pernafasan manusia menggunakan aplikasi blender.
·      Pembuatan aplikasi dan apk (Android PacKage) menggunakan aplikasi unity.
1.4. Tujuan dan Manfaat
Untuk  mencapai tujuan dan manfaat penelitian dalam merancang aplikasi  sistem pernafasan pada manusia menggunakan Augmented Reality, maka dapat diuraikan sebagai berikut :
1.3.1 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Merancang aplikasi sistem pernafasan pada manusia menggunakan Augmented Reality yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPA.
1.3.2 Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini antara lain:
·      Aplikasi ini dapat membantu para siswa untuk lebih memahami tentang organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem pernafasan.
·      Menjadi referensi untuk model pembelajaran yang lain maupun untuk
·      Memperkecil ruang yang dibutuhkan untuk melihat object secara menyeluruh daripada menampilkan object tiga dimensi dalam bentuk nyata.
1.5. Metode Penelitian
1.5.1 Metode Pengumpulan Data
Metode Observasi
Metode Studi Jarak Jauh
1.5.2 Metode Analisa dan Perancangan
Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini meliputi dua bagian pokok yaitu Metode Analisis dan Metode Perancangan.
1.6. Sistematika Penulisan
     Sistematika penelitian ini terdiri dari 5 (lima) bab, dimana tiap bab terdiri dari beberapa sub bab sebagai berikut :
Bab I       :           PENDAHULUAN
Bab ini mencakup beberapa sub bab antara lain latar belakang, permasalahan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, metode penelitian serta sistematika penulisan.
Bab II      :           LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang tinjauan pustaka, landasan teori dan kerangka pemikiran.
Bab III     :           GAMBARAN SISTEM BERJALAN
Dalam bab ini akan dibahas proses penelitian yang dilakukan mulai dari analisa kebutuhan, metode penelitian yang digunakan, perancangan penelitian yang akan diujikan dan teknik analisis.
Bab IV     :           PERANCANGAN/RANCANGAN SISTEM
Menguraikan hasil-hasil yang diperoleh dalam penelitian serta pembahasan dari hasil tersebut dan implikasi dari penelitian ini, Bab ini mencakup beberapa sub bab yaitu : hasil penelitian, pembahasan dan implikasi penelitian. 
Bab V      :           KESIMPULAN DAN SARAN
Merupakan bab terakhir yang menjelaskan kesimpulan setelah melakukan penelitian dan saran-saran untuk evaluasi perbaikan dari penelitian ini serta saran untuk pengembangan lebih lanjut.





Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot