Jumat, 13 Maret 2015

Simulasi Hukum II Newton dengan Augmented Reality


Pada kesempatan ini saya akan sharing tentang AR (Augmented Reality). AR  merupakan suatu teknologi yang menggabungkan benda maya ke dalam lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu yang nyata (realtime). Teknologi ini sangat bermanfaat, dalam dunia pendidikan misalnya. Karena dengan teknologi ini kita dapat mensimulasikan benda atau alat peraga lainnya seperti menjelaskan sistem tata surya, rumus2, hukum-hukum fisika maupun yang lain.
Dengan  penjelasan saya diatas mungkin sudah bisa anda sedikit membayangkan "apa sih AR itu? :D". Selanjutnya saya akan sharing tentang pengalaman awal saya saat membuat project AR tentang Hukum II Newton. Berikut Tahap-tahapnya :
1. Untuk dapat membuat AR, aplikasi yang anda butuhkan antara lain : Java JDK, Android SDK, Blender dan Unity.
2. Setelah anda install dan  ke-4 aplikasi tersebut di laptop/PC anda. maka selanjutnya kita akan mulai membuat sebuah project AR.
3. Untuk membuat AR, pertama kita harus membuat project/model animasi di aplikasi blender dan mencatat frame( berapa sampai berapa) untuk pergerakan animasi yang kita ingin kan.
4. Setelah Model dan animasi kita buat di blender kita save fileny dalm format (.fbx) caranya : klik file > export > Autodesk FBX. Dan jika menggunakan texture dengan material/gambar maka perlu kita pisah juga gambar tersebut di suatu folder, caranya : klik file > export data > Unpack into file > Use file in current directory (create when necessary).
5. Sebelum melanjutkan ke aplikasi Unity, terlebih dahulu anda mempersiapkan vuforia package dan marker anda. Anda dapat memperoleh keduanya di https://developer.vuforia.com/ (create account dulu bagi yang belum punya akun vuforianya :D)
6. Setelah file yang kita butuhkan telah terpenuhi (animasi, package dan marker), sekarang kita buka aplikasi Unity. Pertama, kita import package dan marker yang telah kita download dari vuforia developer.
7. Setelah itu di Asset kita tambahkan folder baru sebagai tempat model animasi kita Seperti gambar di bawah ini :

Kemudian masukan animasi (FBX) dan texture kita ke folder tersebut (bisa copas atau langsung di drag).
8. Selanjutnya kita setting animasinya, caranya :

-          Klik model kita yang berekstensi fbx dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini :


-          Di bagian model, scale factor kita ubah menjadi 1 > apply
-          Di bagian Rig, Animation Type kita ubah menjadi legacy > apply
-          Dibagian Animations, Wrap mode kita ubah jadi loop. Klik + pada clips, berikan nama clips dan masukan nilai start dan End sesuai dengan animasi gerakan yang kita inginkan. Misal nama clips “lompat” start=1 End=10. Ubah juga wrap mode di bawahnya menjadi loop. > apply
9. Setelah kita mengatur pergerakan animasinya, selanjutnya kita atur AR Camera dan Image Targetnya. Caranya :
-          Masuk ke Asset > Qualcom Augmented Reality > Prefabs > drag AR Camera dan Image
Target ke layar scene.
-          Pada AR Camera dan Image Target position X,Y,Z kita atur menjadi 0 semua.
-          Klik Image Target, Pada kolom Image Target Behaviour Data set dan Image target kita ganti dengan marker kita.
-          Pada Ar Camera kita sesuaikan view dengan target dan pada Data set load behaviour kita centang load data set ...(marker kita) dan active. Serta mengatur Webcam Behavior sesuai dengan camera laptop kita.
10. Selanjutnya kita drag model animasi kita ke layar scene. Kita atur position menjadi 0 dan menyesuaikan rotation and scale. Dan pastikan Animation sesuai dengan yang telah kita setting sebelumnya. 

11. Selanjutnya animasinya kita masukan ke image target.
12. Kita bisa play animasi kita dengan mengarahkan gambar sesuai dengan marker kita. Jika sudah tampil seperti gambar di bawah ini kita bisa langsung menjadikan APKnya.


13. Selanjutnya kita buat APKnya. Caranya : klik file > Build and Run > pilih Android, klik Switch Platform > Setting di Player Setting, setelah selesai klik Build, pada build ini kita juga diminta untuk mengarahkan ke folder android SDK yang telah kita install di awal. 


14.  Setelah Selesai Buildnya. Silahkan coba APKnya dengan mengarahkan ke gambar yang sesuai dengan marker kita.

Saya rasa cukup sekian pengalaman saya tentang pembuatan animasi dengan Augmented Reality. Di bawah ini saya lampirkan video simulasi hukum II newton serta file apk dan gambar sebagai markernya.

Video Simulasi Hukum II Newton dengan Augmented Reality
Dan untuk mendownload file Apk dan gambar (marker) silahkan klik disini APK + Marker 
SELAMAT MENCOBA !!! SEMANGAT !! :D

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

3 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot