Senin, 16 Februari 2015

Pendidikan Agama Islam Bab I

BAB I
MAKNA DAN HAKIKAT ISLAM
A. Makna Islam (مَعْنَى الإِسْلاَمِ )

1. Islam berasal dari bahasa Arab yang memiliki banyak arti :

a. Islam berasal dari kata "islaamul wajhi " (أَسْلَمَ وَجْهَهُ ) yang artinya menundukan wajahnya. Seorang muslim berarti menundukan wajahnya di hadapan Allah SWT,karena rasa hormatnya kepada Allah SWT.

b. Islam berasal dari "istislaam" (الإِسْتِسْلاَمُ) yang berarti berserah diri. Seorang muslim berarti orang yang berserah diri kepada Allah SWT,apapun yang akan diperbuat oleh Allahkepada dirinya ia akan pasrah,menyerah,ridho. 

c. Islam juga berasal dari kata "as-salaamah" (اَلسَّلاَمَةُ) yang artinya suci dan bersih. Seorang muslim adalah orang yang besih badan ,pakaian,pikiran dan hatinya. Kebersihan ini merupakan keiklasan islam,sehingga Bab Thaharah (Bersuci) menjadi yang pertama dalam Fiqh. 

d. Islam berasal dari kata "as-salaam" (اَلسَّلاَمُ) yang artinya selamat sejahtera. Seorang muslim selalu memberikan keselamatan dan  kesejahteraan bagi orang lain. Ucapan salam adalah  khas bagi muslim. Rasulullah SAW mendorong umatnya agar menebarkan salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal.

e. Islam juga berasal dari kata "as-silmu atau as-salmu" (اَلسِّلْمُ) yang artinya perdamaian. Islam adlah agama yang damai,bukan agama kekerasan. Orang muslim adalah orang yang menebarkan kedamaian di  muka bumi. 
Jadi Islam berarti :
  1. Menundukan wajah kehadirat Allah SWT
  2. Berserah diri kepada Allah SWT
  3. Kesucian dan kebersihan
  4. Keselamatan dan kesejahteraan
  5. Perdamaian
6.      Dan inilah yang  diridhoi oleh Allah SWT,siapa yang mencari agama lain akan ditolak diakhirat dan rugi.

B. Hakikat Islam

Sebagai agama. islam memiliki sebutan-sebutan yang menjelaskan hakikat dari islam, sebutan-sebutan itu sebagian terkait dengan maknanya secara bahasa dan ada juga yang terpisah.
A.     اَلْخُضُوْعُ

Islam adalah agama yang menekankan pada ketundukan manusia pada Sang PenciptaSeorang Muslim adalah orang yang tunduk pada perintah dan larangan Allah agar menjadi orang yang bertakwaShalat merupakan contoh ketundukan seorang Muslim, terutama pada saat ruku’ dan sujud.

B.     وَحْيٌ إِلَهِيٌّ

Islam adalah satu-satunya agama yang berasal dari Wahyu Allah. Tak mungkin Allah menetapkan lebih dari satu agama yang perbedaannya jauh sekali dan bertentangan ajaran-ajarannya

C.     دِيْنُ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ

Islam adalah agama para nabi dan rasulSemua nabi dan rasul membawa agama yang sama dan satu, yaitu Islam

D.     أَحْكَامُ اللهِ

Islam adalah minhajul hayah (pedoman hidup) yang berisi hukum-hukum AllahKehebatan hukum-hukum Allah salah satunyaberasal dari Pencipta alam semesta, berarti yang paling tahu seluk-beluk alam semestaKarena itu, Allah menekankan sekali agar berhukum dengan apa yang telah Allah turunkan

E.     اَلصِّرَاطُ اَلْمُسْتَقِيْمُ

Islam adalah jalan yang lurus (shiratul mustaqim) à jalan yang selamat sampai sorgaRasulullah SAW pernah membuat sebuah garis lurus, kemudian di sisi-sisinya ada garis-garis lain yang menyimpang ,di setiap persimpangan ada para penyeru ke neraka Jahannam

F.     سَلاَمَةُ الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

Islam adalah agama yang menjamin pemeluknya akan selamat dan sejahtera di dunia dan di akhiratOrang yang beragama selain Islam akan tertolak amalnya (3:85), atau dijadikan debu (25:23), hidupnya sempit (20:124) meski bergelimang hartaSetiap Muslim yang mengucapkan syahadat dan tidak syirik pasti masuk sorga meskipun dia mencuri dan berzina, meskipun dosa-dosanya itu mesti dibersihkan dulu di neraka (na’udzu billah min dzalik)Abu Dzar saja heran terhadap sabda Nabi ini hingga menegaskannya 3x dan mendapat jawaban yang sama; pada jawaban terakhir Rasul bersabda, “Walaupun hidung Abu Dzar keropos.”


C. Kesimpulan
Berdasarkan materi diatas dapat disimpulkan bahwa :
Islam merupakan agama yang sangat ideal dan sempurna. Banyak faktor yang mencoba menutupi kesempurnaan Islam, namun kesempurnaan Islam tidak dapat tertutupi. Hal inilah yang menjadikan muslim di dunia selalu meningkat.




Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot