Jumat, 12 Desember 2014

SIM (Sistem Informasi Manajemen) - Pert ke- 7



PERTEMUAN KE-7
SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN
Nama    : Miftahul Huda
NIM       : 2131310072
RESUME
Pertemuan 7
SLDC (Systems Development Life Cycle)
1.      Pengertian
SLDC atau Siklus Hidup Pengembangan Sistem merupakan salah satu pendekatan untuk mengembangkan sistem secara displin dan terorganisir .
Pendekatan tersebut meliputi :
-          Definisi objektif dari system yang dikembangkan
-          Definisi Indicators of succes sbg tolak ukur tujuan yang ingin dicapai
-          Menerapkan strategi alternatif
-          Memilih dan mengimplementasikan strategi
2.      Tahap – tahap SLDC
        Dimulai dari ide awal (initial idea) s/d full implementation
        Diikuti dgn enhancement dan penggantian sistem baru

3.      The Waterfall Life Cycle
Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan urut dari satu tahap ke tahap selanjutnya. Disebut dengan waterfall karena tahap yang dilalui harus menunggu tahap sebelumnya telah selesai dan berjalan berurutan. Tahap – tahap tersebut antara lain : System Requirement à Software Requirement à Analysis à Program Design à Cooding à Testing à Operating.

IOS ( Interorganizional System ) & Process Integration
1.      Pengertian IOS
IOS merupakan system yang tercipta dari 2 atau lebih perusahaan yang memiliki kesamaan outbound  dan inbound logistic Cycles yang saling berinteraksi.
2.      Model of Social change
Model ini mengacu pada teori Kurt Lewin yang terdidri dari 3 bagian :
1.      Unfreezing (mencairkan)
2.      Moving (merubah)
3.      Refreezing (Membekukan)
3.    Hambatan (Resistence to change)
1.      Resistence to computer personal
2.      A feeling that the project is not good, that the cost/benefit assumptions are invalid
3.      A lack of felt need: things are satisfactory as they are and this innovation simply disturbs the situation
4.      A fear of social uncertainty, which is sometimes mistaken for a fear of computers
5.      An unwillingness to bend to the requirements of poorly designed systems.
4.    Pelaksanaanan (Implementing the organization change)
  -  System failures umumnya diakibatkan oleh tidak dipersiapkannya pegawai menghadapi sistem informasi yg baru dan tidak dilakukannya training penggunaan sistem informasi.
-    IS professional sebaiknya melakukan four-phase program for organizational changes sbb: Diagnostic Assesment :
::  Organization Redesign  
:: Organization Transformation  
:: ContinousImprovement




Terima Kasih ...

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot